BERBURU LOWONGAN KERJA

Dalam setiap wawancara kerja Anda akan diminta menjawab beberapa pertanyaan. Sukses tidaknya wawancara tergantung bagaimana Anda menjawab pertanyaan, sikap Anda, dan hal lain di luar kontrol Anda, bagaimana pun wawancara akan memiliki dua hasil yaitu Anda diterima atau Anda tidak diterima yang berarti perburuan Anda dilanjutkan lagi. Walaupun begitu Anda tentu saja mengeluarkan seluruh konsentrasi dan strategi Anda dalam berburu adalah untuk dapat pekerjaan yang Anda inginkan pada saat pertama kali melamar.

Faktor terbesar dalam memenangkan proses wawancara kerja adalah dapat menyakinkan pewawancara akan pengalaman kerja masa lalu Anda dan juga prestasi yang selanjutnya akan diterjemahkan ke dalam manfaat langsung bagi perusahan yang sedang Anda lamar. Kegagalan untuk meyakinkan manajer perekrutan yang sesuai dengan kebutuhan mereka akan berarti berburu pekerjaan akan Anda lanjutkan.

Pekerjaan yang mapan biasanya membutuhkan inisiatif, pemecahan masalah, penelitian dan analisis, manajemen waktu dan aset serta team building. Dalam wawancara pekerjaan yang Anda akan diminta serangkaian pertanyaan untuk menentukan seberapa sukses Anda di masing-masing keterampilan yang Anda miliki.

Di era sekarang ini Anda sudah sulit menunggu bola untuk sebuah pekerjaan, kata orang Jawa “wis jamane timbo golek sumur” ( artinya sudah jamannya orang yang cari pekerjaan, bukan pekerjaan yang cari orang). Anda tidak bisa hanya bersabar dan berharap ada yang menawari pekerjaan, sumber informasi lowongan kerja bisa Anda peroleh dari media massa, teman/saudara maupun internet. Kadang Anda hanya mencari informasi lowongan pekerjaan tetapi tidak ada satupun yang menarik perhatian Anda. Anda mungkin sudah berbicara dengan beberapa teman tentang berburu pekerjaan, tetapi Anda tidak punya keberanian menawarkan diri sendiri pada siapa pun yang memerlukan Anda pada sebuah pekerjaan. Anda berbicara ke grup alumni, tapi kenyataannya tidak ada yang cocok menurut Anda. Pada akhirnya Anda menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk menunggu sebuah “limo putih” yang berhenti di depan rumah Anda, lalu berharap ada seorang manajer membawa tas penuh uang bonus melompat keluar mendatangi ke pintu Anda dan memohon kepada Anda untuk menerima pekerjaan mereka.

Tidak sulit! Pekerjaan tidak pernah ditawarkan dengan cara ini. Anda harus aktif mencari informasi, bahkan kadang bagi Anda yang belum pernah mempunyai pengalaman kerja mungkin harus memulai sebuah sukses dari pekerjaan yang bukan menjadi selera Anda. Tetapi itu hanya sebuah awal dari cerita sukses, kalau Anda ingin maju raihlah harapan itu walaupun mungkin kemudian harus pindah ke tempat kerja yang baru dengan bekal sedikit pengalaman. Anda yang sudah merasakan dunia kerja akan mempunyai pandangan dan strategi baru yang berbeda dengan mereka yang belum pernah kerja. Harapan hanya akan menjadi khayalan kalau Anda sendiri tidak berani merealisasikan. Teruslah semangat, perbanyaklah ketrampilan, wawasan dan SELAMAT BERBURU PEKERJAAN.