MENIKMATI KONDISI TUBUH PADA SAAT KEHAMILAN

Kondisi ibu hamil sedikit berbeda dengan wanita yang sedang tidak mengandung, selain bentuk tubuh yang biasanya sedikit lebih mengembang, juga terdapat beberapa perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan-perubahan ini perlu dipahamai oleh para ibu muda yang sedang hamil, terutama kehamilan anak pertama. Kondisi-kondisi perubahan alami ini sering kali juga berdampak pada faktor psycologis dari ibu hamil tersebut.

Ketika kehamilan sedang berkembang, tubuh mulai membuat banyak perubahan dan penyesuaian untuk membantu pertumbuhan bayi. Beberapa perubahan tubuh tidak dirasakan atau dilihat oleh wanita hamil. Beberapa perubahan tubuh cukup mengganggu ibu hamil dan beberapa perubahan tidak mengganggu. Perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan adalah normal dan sebenarnya itu bisa diatasi jika mengganggu. Berikut adalah beberapa perubahan terjadi selama kehamilan.

Sakit Pada Perut
Nyeri perut bagian bawah adalah umum pada kehamilan, terutama pada trimester kedua. Rasa sakit memiliki banyak penyebab, tetapi yang paling umum adalah nyeri pada ligamen di lingkar, yang merupakan otot yang menahan rahim agar tetap tegak. Ketika rahim tumbuh semakin besar, semakin meregang lingkar ligamen, lebih rentan terhadap stres. Akibatnya, rasa sakit sering terjadi bahkan lebih sering ketika ibu hamil sedang berkativitas.

Perubahan Pada Payudara
Pada awal kehamilan, nyeri payudara, kepekaan puting dan meningkatkan ukuran payudara terjadi sebagai bagian normal dari penyesuaian tubuh. Pada awal kehamilan, payudara tidak berubah secara signifikan sampai awal trimester ketiga, ketika kelenjar susu menjadi aktif. Sampai bulan ketujuh, payudara menghasilkan sedikit kolostrum, cairan kekuningan yang dimaksudkan untuk makanan bayi di kehidupan awal. Perubahan warna puting lebih menghitam juga terjadi selama kehamilan.

Sesak nafas
Sesak napas yang umum selama kehamilan karena rahim yang tumbuh menjadi memakan ruang-besar sehingga membatasi gerakan diafragma. Selain itu, perubahan keseimbangan hormon dalam tubuh selama kehamilan juga menyebabkan sesak nafas.

Perubahan Dalam Sirkulasi Darah
Perubahan dalam sirkulasi darah selama kehamilan, terutama mulai terlihat di kaki. Pembuluh darah akan semakin tertekan sebagai betis semakin besar, terutama pembuluh yang mengalirkan darah dari kaki belakang. Tekanan ini memperlambat sirkulasi darah di kaki, dan berdiri atau duduk untuk jangka waktu cukup lama akan membuatnya lebih buruk. Darah terganggu menyebabkan kelelahan di kaki. Hal ini biasanya dapat membuat kaki menjadi bengkak, terutama pada pergelangan kaki dan kaki jika sudah lama berdiri. Demikian pula, pembuluh darah pada permukaan kaki bisa menggembung, dan kondisi ini biasanya disebut varises.

Sembelit
Sembelit atau sulit buang air besar yang sering terjadi pada wanita hamil.

Perubahan Rambut
Rambut wanita hamil dapat diubah oleh cara yang tak terduga selama kehamilan. Perubahan pada rambut terjadi biasanya dalam bentuk semakin sulit untuk ditata atau disisir ke belakang atau mudah kusut ketika sudah disisir. Beberapa kasus, penipisan rambut dan alis. Semacam ini perubahan hanya bersifat sementara.

Sakit kepala
Sakit kepala juga sering terjadi pada wanita hamil. Beberapa sakit kepala yang dialami oleh ibu hamil adalah jenis sinus, yang disebabkan oleh aliran darah meningkat dan pembengkakan hidung dengan gejala seperti tersumbat. Selain faktor kelelahan dan hormonal juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Pendarahan gusi dan mimisan
Peningkatan sirkulasi darah ke hidung dan gusi selama kehamilan. Peningkatan ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi. Peningkatan sirkulasi darah dapat membuat perempuan mengalami mimisan atau gusi berdarah.

Perubahan Pada Kulit
Sejumlah perubahan kulit bisa diamati dalam kehamilan. Perubahan warna menjadi lebih gelap di beberapa bagian tubuh. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon-hormon tertentu yang meningkatkan pigmen kulit. Wanita juga hamil sering mengalami stroke di tengah perut yang membentang dari daerah kemaluan sampai ke pusar. Akan cenderung kulit lebih berminyak, yang kadang-kadang menjadi lebih buruk dengan timbulnya sejumlah jerawat. Juga dapat mengakibatkan gatal-gatal, ruam di lengan, dada dan wajah.

Kenali tubuh Anda berubah dan menikmati kehamilan Anda.