MEMAHAMI STRES :GEJALA, TANDA, PENYEBAB, DAN EFEK

Stres: Tanda dan Gejala, Penyebab dan Efek

Kehidupan modern penuh dengan kerepotan, tenggat waktu, frustrasi, dan tuntutan. Bagi banyak orang, stres sangat lumrah yang telah menjadi cara hidup. Stres tidak selalu buruk. Sebetulnya stress ada dua macam yaitu stres tantangan dan stres hambatan. Dalam dosis kecil atau yang disebut dengan stres tantangan akan dapat membantu memotivasi Anda untuk meningkatkan kinerja, namun bagi orang yang tidak mampu mengatasi stress tersebut justru akan menjadi hambatan dalam hidupnya. Dan bila Anda terus berjalan dalam modus darurat tersebut, pikiran dan tubuh Anda akan mengalami gangguan.

Jika Anda sering menemukan diri Anda merasa lelah dan kewalahan, saatnya untuk mengambil tindakan untuk membawa sistem saraf Anda kembali ke dalam keseimbangan. Anda dapat melindungi diri sendiri dengan belajar bagaimana mengenali tanda-tanda dan gejala stres dan mengambil langkah untuk mengurangi efek berbahaya nya.

apa itu stress?
Stres adalah respon fisik normal terhadap peristiwa yang membuat Anda merasa terancam atau tergganggu keseimbangan Anda dalam beberapa cara. Ketika Anda merasakan bahaya - apakah itu nyata atau dibayangkan - pertahanan tubuh akan merespon ke gigi tinggi dalam proses yang cepat dan otomatis. Respon ini dikenal sebagai reaksi "melawan " terhadap suatu keadaan yang mengganggu keseimbangan Anda.

Respon stres adalah cara tubuh melindungi Anda. Ketika bekerja dengan baik, hal ini membantu Anda tetap fokus, energik, dan waspada. Dalam situasi darurat, stres dapat menyelamatkan hidup Anda - memberikan Anda kekuatan ekstra untuk membela diri, misalnya, atau memacu Anda untuk membanting rem untuk menghindari kecelakaan.

Respon stres juga membantu Anda bangkit untuk memenuhi tantangan. Stres adalah apa yang memberikan energy kepada Anda pada saat presentasi di tempat kerja, mempertajam konsentrasi Anda ketika Anda mencoba untuk mengalahkan seorang grand master dalam suatu permainan catur dengannya, atau mendorong Anda untuk belajar untuk ujian ketika Anda lebih suka menonton TV.

Tapi di luar titik tertentu, stres berhenti menjadi berguna dan mulai menyebabkan kerusakan besar untuk kesehatan Anda, suasana hati Anda, produktivitas Anda, hubungan Anda, dan kualitas hidup Anda.

Bagaimana Anda menanggapi stres?
Sangat penting untuk belajar bagaimana mengenali kapan tingkat stres Anda berada di luar kendali. Hal paling berbahaya mengenai stres adalah betapa mudah dapat menghinggapi Anda. Anda bisa tidak mersakan kehadiran stres itu, karena hal ini kelihatan terasa akrab bahkan normal. Anda tidak melihat berapa banyak itu mempengaruhi Anda.

Tanda-tanda dan gejala stres telah overload.
Stres akan mempengaruhi pikiran, tubuh, dan perilaku dalam banyak cara, dan semua orang stres mempunyai pengalaman berbeda. Stres tidak selalu terlihat stres

Psikolog Connie Lillas menggunakan analogi mengemudi untuk menggambarkan tiga yang paling umum cara orang merespon ketika mereka sedang kewalahan oleh stres:

Kaki di gas - Sebuah respon stres marah atau gelisah. Anda seperti dipanaskan, tegang, terlalu emosional, dan tidak mampu duduk diam.
Kaki di rem - Sebuah respon stres ditarik atau tertekan. Anda mematikan lampu ruangan lalu keluar, dan menunjukkan sangat sedikit energi atau emosi.
Kaki pada keduanya - Sebuah respon stres tegang dan beku. Anda "membeku" di bawah tekanan dan tidak dapat melakukan apapun. Kau tampak lumpuh, tetapi di bawah permukaan Anda sangat gelisah.

Peringatan Stres Tanda dan Gejala



Perlu diingat bahwa tanda-tanda dan gejala stres juga dapat disebabkan oleh masalah psikologis dan medis lainnya. Jika Anda mengalami tanda-tanda peringatan dari stres, penting untuk konsultasi dengan dokter untuk melakukan evaluasi penuh. Dokter Anda dapat membantu Anda menentukan apakah hal ini stress atau tidak dari gejala-gejala yang Anda rasakan.

Berapa banyak toleransi kita kepada stres?
Karena stres dapat menyebabkan kerusakan yang luas, penting untuk mengetahui batas Anda sendiri. Tapi berapa banyak stres yang mampu Anda atasi akan berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang mampu menerima beberapa pukulan, sementara yang lain runtuh di rintangan sedikit atau bahkan frustrasi. Beberapa orang bahkan tampaknya berkembang pada kegembiraan dengan tantangan gaya hidup stres yang tinggi.

Kemampuan Anda untuk mentolerir stres tergantung pada banyak faktor, termasuk kualitas hubungan Anda, pandangan umum Anda tentang kehidupan, kecerdasan emosional Anda, dan genetika.

Hal-hal yang mempengaruhi tingkat toleransi Anda dalam menghadapi stres

Dukungan jaringan Anda - Sebuah jaringan yang kuat dari teman-teman yang mendukung dan anggota keluarga dapat menjadi pendamping yang kuat dalam menghadapi stresor kehidupan. Di sisi lain, semakin kesepian dan terisolasinya Anda, akan menyebabkan semakin besar kerentanan Anda terhadap stres.

Anda rasa kontrol - Jika Anda memiliki kepercayaan diri dan kemampuan Anda untuk mempengaruhi lingkungan dan bertahan melalui tantangan, lebih mudah untuk menghadapi stres dengan tenang. Orang yang rentan terhadap stres cenderung merasa seperti peristiwa-peristiwa yang menimpanya adalah hal yang di luar kendali mereka.

Sikap dan pandangan - Stres-hardy orang memiliki sikap optimis. Mereka cenderung untuk merangkul tantangan, memiliki rasa humor yang kuat, menerima bahwa perubahan adalah bagian dari kehidupan, dan percaya pada kekuatan yang lebih tinggi atau tujuan.

Kemampuan Anda untuk menangani emosi Anda - Anda sangat rentan terhadap stres jika Anda tidak tahu bagaimana untuk tenang dan menenangkan diri sendiri ketika Anda merasa sedih, marah, atau takut. Kemampuan untuk membawa emosi Anda menjadi seimbang membantu Anda bangkit kembali dari keterpurukan.

Pengetahuan dan persiapan - Semakin banyak yang Anda tahu tentang situasi stres, termasuk berapa lama akan berlangsung dan apa yang diharapkan, semakin mudah untuk mengatasinya. Sebagai contoh, jika Anda pergi ke dokter untuk melakukan operasi dengan gambaran realistis dari apa yang diharapkan pasca-operasi, pemulihan yang menyakitkan akan menyebabkan rasa traumatis dibandingkan jika Anda mengharapkan untuk bangkit dan pulih kembali dengan segera.


baca Selengkapnya