WISATA ALTERNATIF

Gunung Api Purba di Nglanggeran Yogyakarta merupakan sebuah kawasan atau situs warisan geologi (geological heritages) yang mempunyai nilai ekologi dan warisan budaya (cultural heritages) dan merupakan kawasan yang cocok untuk edukasi masalah geologi (geowisata).



Nglanggeran merupakan daerah kawasan wisata. Daerah ini merupakan kawasan yang batu-batuannya tersusun oleh material vulkanik tua. Orang geologi menyebutnya Formasi Nglanggeran. Daerah ini memiliki morfologi yang unik dan juga dari sisi geologi sangat unik serta memiliki cerita ilmiah.

Berwisata ke kawasan Yogya selatan memberikan daya tarik sendiri, jalan hotmik yang mulus dengan kanan kiri di dominasi bukit kapur. Gunung Kidul saat ini sangat berbeda dengan 5 atau 10 tahun yang lalu. Kondisi jalanan yang relatif lebih ramai dan hijaunya pepohonan hasil reboisasi, pasti akan meninggalkan kenangan tersendiri.

Berkujung ke Nglanggeran memberikan bukti ilmiah sebagai tambahan wawasan bagi kita di samping dapat melihat pemadangan menawan kota Yogya dari atas apalagi di malam hari.

baca selengkapnya