KATAK PINOKIO


Indonesia menjadi sorotan ilmuwan dunia, ketika kelompok ekspedisi ilmuwan internasional menemukan spesies baru, termasuk katak berhidung Pinokio, wallaby terkecil di dunia, dan tokek bermata kuning.

Para ilmuwan itu menjelajah hutan pedalaman di Pegunungan Foja, kawasan pulau New Guinea pada akhir 2008. Namun mereka baru merilis rincian ekspedisi ilmiah termasuk gambarnya, pada Senin (17/5) menjelang Hari Keanekaragaman-hayati Internasional (International Day for Biological Diversity ) pada 22 Mei.

Menariknya, sejumlah besar hewan yang ditemukan selama survei itu diyakini sebagai spesies baru bagi dunia sains, setidaknya begitu menurut
Conservation International (CI) dan National Geographic Society (NGS). temuan spesies baru itu termasuk beberapa mamalia, reptil, amfibi,
dan lusinan serangga.

Penemuan menakjubkan itu terjadi kala ilmuwan memperingatkan ancaman percepatan kepunahan spesies akibat memanasnya planet Bumi dan habitat satwa liar menyempit dan hancur demi mencukupi kebutuhan pangan bagi populasi manusia yang berkembang sangat pesat.

baca selengkapnya